Cara Membersihkan Noda Getah Yang Sudah Mengering

Cara Membersihkan Noda Getah Yang Sudah Mengering

Jasa Poles Marmer Jakarta – Saat berada di taman, saat sedang mengupas buah atau saat sedang bersandar di pohon, terkadang ada sesuatu yang menempel pada pakaian Anda, yaitu getah. Sayangnya, noda getah bukanlah sesuatu yang bisa Anda anggap enteng, karena cukup sulit untuk dihilangkan. Jika sebelumnya sudah dibahas bagaimana cara membersihkan noda getah yang baru saja, kali ini kita akan membahas bagaimana cara membersihkan noda getah yang sudah mengering.

Cara Membersihkan Noda Getah Yang Sudah Mengering

Getah yang biasanya menempel di pakaian kita adalah getah pisang, labu siam, getah nangka, getah pohon dan masih banyak lagi. Namun Anda tidak perlu panik jika pakaian favorit Anda terkena getah. Di sini kami melihat secara lengkap cara membersihkan noda sari pada pakaian. Sebenarnya untuk membersihkan noda sari buah pada pakaian bisa dibedakan menjadi dua. Yang pertama adalah noda getah yang baru saja menempel. Yang lainnya adalah noda lateks dan telah mengering. Kali ini kita akan membahas cara menghilangkan noda getah yang sudah mengering. Yuk, simak cara mengatasi noda getah pada pakaian di bawah ini.

Cuci

Kali ini kita akan membahas bagaimana cara menghilangkan sari pada pakaian yang sudah lama mengering. Karena ada kalanya kita tidak menyadari bahwa pakaian kita menjadi getah. Mungkin karena kita tidak menyadarinya atau mungkin karena noda getahnya “bersembunyi”. Bila noda sari sudah mengering, artinya zat lengket dan warna sari sari sudah menempel erat pada serat pakaian. Jika demikian, proses pembersihan akan lebih sulit dibandingkan noda baru.

Tentu ada cara untuk menghilangkan sari pada pakaian yang sudah mengering yaitu dengan segera mencucinya. Namun, jangan mencucinya di mesin ya, karena khawatir noda sari buah akan berceceran di mana-mana dan mengotori pakaian lain dan bagian lain dari pakaian berwarna tersebut. Gunakan detergen yang mengandung enzim agar noda bisa dihilangkan dengan lebih baik.

Rendam

Namun ternyata setelah dicuci dan pakaian anda masih terdapat noda getah, maka yuk rendam dulu pakaian tersebut. Gunakan air dan detergen seperti biasa saat merendam pakaian Anda. Kemudian diamkan satu malam dan cuci keesokan paginya. Ya, saat cucian Anda selesai di poin no. 7 dan ternyata masih ada noda getah tinggal rendam lagi. Masalahnya, jika dibiarkan mengering terlebih dahulu, noda sari buah akan semakin kuat saat menempel pada serat pakaian.

Gunakan Pemutih Pakaian

Jika baju yang terkena noda adalah baju berwarna putih, Anda juga bisa memanfaatkan cairan pemutih. Saat merendam atau mencuci, cukup gunakan pemutih pada pakaian ini dan biarkan bekerja menghilangkan noda sari buah dengan sendirinya. Lebih baik lagi jika cairan pemutih ini langsung diaplikasikan ke noda. Setelah itu kucek secara perlahan dan rendam.

Memanfaatkan  Jeruk Nipis

Ada juga, lho, cara menghilangkan getah dari pakaian secara alami. Menggunakan jeruk nipis atau lemon juga boleh. Pertama-tama tuangkan air hangat ke area berwarna pada kemeja. Kemudian siapkan air jeruk nipis atau lemon dan tuangkan di atas noda. Diamkan beberapa saat sebelum menggosok noda. Lalu cuci pakaian seperti biasa.

Memakai  Mentega

Cara terakhir untuk menghilangkan getah dari pakaian adalah dengan menggunakan mentega. Tidak percaya? Mentega benar-benar dapat membuat noda getah mengotori pakaian Anda. Caranya, cukup oleskan mentega pada area berwarna pada baju. Diamkan beberapa saat sebelum menggosok dan mencuci pakaian seperti biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *