Merawat dan Membersihkan Kompor Gas

Merawat dan Membersihkan Kompor Gas

Jasa Bersih Kantor – Kompor gas menjadi alat yang sudah sangat penting bagi kelancaran kehidupan sehari hari. Pemakaian setiap hari unuk memasak berbagai macam makanan ini tentu akan meninggalkan banyak noda dan kotoran. Degan merawat kompor gas secara rutin bisa minbulkan banyak manfaat selain menjaga dapur dan makanan tetap bersih. Menjaga kebersihan Kompor gas juga bisa mencegah bau tidak sedap dari sisa makanan dan masakan yang gosong dan tercecer. Tidak hanya itu, kompor yang bersih terawat juga bisa membuat panas secara lebih merata di dasar peralatan. Dengan begini akan membuat masak sehingga menghemat bahan bakar dan membantu menjaga keawetan panci. Kompor yang bersih juga ternyata baik untuk keselamatan di dapur karena dengan tidak adanya ceceran makanan yang berisiko tersambar api ketika kompor menyala.

Merawat dan Membersihkan Kompor Gas

Pada faktanya perawatan kompor gas tidaklah sesulit apa yang selama ini kita bayangkan, dengan catatan kamu menggunakan produk pembersih yang tepat dan membersihkan kompor gas kamu secara rutin. Untuk dapat membersihkan kompor gas sendiri kamu harus mengetahui bahwa ada tiga bagian dari bagian kompor gas yang perlu dibersihkan. Pertama adalah bagian ring, bagian tungku api, dan permukaan kompor.

Tips merawat kompor gas

Sebelum melakukan proses pembersihan pastikan kompor dalam kondisi dingin. Berikut ini cara membersihkan ring pada kompor gas.

Membersihkan Bagian Ring

Pada dasarnya ring yang berupa kerangka tatakan alat masak pada kompor gas bisa dilepas dari unit kompor sehingga kamu tinggal membersihkannya secara terpisah. Jika kamu mempunyai jenis kompor yang ring menyatu dengan unit kompor gas, sebaiknya baca buku manual kompor tersebut untuk mengetahui cara melepas ring dan menghindari kerusakan. Selanjutnya bisa kamu rendam ring di dalam larutan sabun cuci piring cair, dan air hangat sampai kotoran yang menempel luntur. Manfaatkan spons atau sikat cuci piring untuk membantumum mengangkat kotoran dan lemak yang ada. Angkat ring dari air rendaman dan bilas dibawah air mengalir. Selanjutnya kamu bisa keringkan sembari menunggu bagian-bagian lain pada kompor dibersihkan.

Membersihkan bagian tungku api

Jangan pernah memakai larutan sabun dan air untuk membersihkan tungku api kompor gas. Karena Jika bagian ini basah berlebihan dan terlalu lembap, akan membuat api tidak menyala sempurna. Pakilah produk pembersih khusus untuk dapur yang berupa krim untuk membantu membersihkan tungku api pada kompor gas. Pastikan untuk ikuti aturan pakai pada kemasan produk krim. Aplikasikan krim pada tungku api dan gosok dengan spons cuci piring atau lap. Manfaatkan sikat gigi bekas untuk membantu meraih bagian-bagian yang sulit. Biarkan produk pembersih selama beberapa saat pada kotoran yang melekat sebelum menggosoknya. Kamu tidak perlu membilas tungku api yang telah dibersihkan dengan krim pembersih.

Membersihkan permukaan kompor gas

Pertama kamu harus membersihkan dulu kotoran padat yang tidak menempel pada permukaan kompor. Untuk bagian ini kamu bisa memakai produk pembersih dapur yang memiliki sifat cair. Semprotkan cairan pembersih langsung pada permukaan kompor, selanjutnya bisa dilap dengan lap atau spons cuci piring untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Pastikan permukaan kompor dilap sampai bersih dan tidak ada bercak bercak sisa cairan pembersih tertinggal. Permukaan kompor yang sudah dibersihkan tidak perlu dibilas lagi dengan air.

Setelah proses pembersihan selesai kamu bisa memasang kembali semua bagian kompor pada tempatnya. Menjaga kebersihan kompor juga menjadi salah satu cara untuk melindungi keluarga dari berbagai macam bakteri dan kuman penyebab penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *