Standart Hygiene Industri

Standart Hygiene Industri

Green Clean – Suatu industri yang terdapat banyak pengawai harus memiliki standar kebersihan yang tepat dan efektif. Salah satu contoh kali ini adalah industi manufaktur, industri ini bergerak dibidang proses untuk mengubah bahan mentah menjadi barang jadi yang memiliki nilai jual. Karena setiap hari pegawai bisa terkena risiko dari kontaminasi dari bahan-bahan industri seperti deterjen, bahan kimia, minyak mekanis, resin, cat dan bahkan dari kondisi panas dan dingin disekitar area manufaktur. Berbagai macam gangguan kulit pada pekerja, seperti eksim merupakan jenis penyakit kulit yang jarang sekali di laporkan oleh pekerja. Penyakit ini  merupakan salah satu jenis penyakit yang paling sering terjadi pada pekerja industri manufaktur.

Standart Hygiene Industri

Maka dari itu kebersihan tangan yang baik merupakan faktor sangat penting untuk diterapkan di sektor manufaktur. Ini untuk memastikan bahwa kesehatan pekerja menjadi prioritas utama dan juga sekaligus menjamin kualitas hasil produksi. Kebersihan tangan yang tidak dijaga akan berakibat pada gangguan penyakit kulit yang paling umum dialami oleh para pekerja. Dengan gangguan yang dialami akan dapat menurunkan tingkat produktivitas dan meningkatkan angka presentase pekerja yang sakit setiap tahunnya. Jika hal tersebut terjadi maka mereka dapat dengan mudah menyebarkan penyakit kepada pekerja lain, dan hal ini akan berdampak buruk pada citra bisnis. Secara tidak langsung perusahaan dianggap tidak memiliki standar kebersihan dan melanggar peraturan pemerintah untuk menjamin kesehatan dan keselamatan pekerjannya.

Fasilitas dan Kebersihan Toilet

Toilet yang menjadi tempat paling sering dikunjungi oleh pekerja bisa cenderung memiliki tingkat okupansi yang tinggi. Kebersihan toilet harus selalu dijaga, tidak hanya dalam kebersihan dasar namun juga dalam standar kebersihan secara menyeluruh. Fungsi utamanya untuk mencegah risiko kontaminasi silang dan penularan penyakit di antara pekerja. Untuk menjaga kebersihan toilet bisa dilakukan dengan membuat jadwal pembersihan yang rutin dan ketat.  Dengan begini akan dapat memastikan toilet tetap bersih dan layak untuk digunakan oleh pekerja. Lengkapi juga fasilitas kebersihan di dalam toilet seperti pengeringan tangan, tisu dan dispenser sabun.

Tidak lupa dengan membuat suasana toilet lebih nyaman dengan menaruh pengharum ruangan yang memiliki bau segar dan alami. Membuat ruangan terasa nyaman merupakan langkah yang tepat untuk meningkatkan kebersihan udara di toilet. Untuk toilet khusus wanita sebaiknya juga diberlakukan lebih khusus. Bisa dengan menyediakan alat sensor otomatis feminine hygiene untuk solusi paling higienis dalam mencegah penyebaran kuman dengan meminimalkan kontak tangan dengan unit.

Tanamkan kebiasaan cuci tangan pada pekerja

Tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang paling sering berontak dengan berbagai macam benda akan mudah menjadi sarang bakteri.  Maka dari itu, tanamkan kebiasaan mencuci tangan dan menjaga kebersihan toilet yang baik adalah suatu keharusan bagi para pekerja. Buatlah aturan untuk selalu mencuci tangan secara baik dan benar kepada seluruh pekerja. Solusi yang lain menerapkan kebijakan penggunaan sarung tangan untuk meminimalkan penyebaran kuman dari tangan ke makanan atau permukaan. Sediakan fasilitas mencuci tangan yang memadai seperti sabun tangan, tisu tangan dan pengering tangan. Jika diperlukan buat spot untuk menaruh hand sanitizer di beberapa tempat. Gunakan juga keset anti selip di toilet, ini dikarenakan area yang sering basah dan licin akibat tumpahan atau percikan air saat proses mencuci tangan. Dengan menyediakan keset anti selit akan menghindarkan pekerja dari risiko tergelincir dan terjatuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *