Smartwatch Ternyata Menjadi Sarang Kuman

Smartwatch Ternyata Menjadi Sarang Kuman

GreenClean.id – Akhir akhir ini banyak diserukan gerakan mencuci tangan karena dianggap menjadi salah satu faktor penyebaran berbagai macam virus dan bakteri. Ternyata tidak hanya tangan, kuman juga bersarang di jam pintar atau smartwatch. Ada penelitian yang menunjukkan, kuman di smartwatch lebih banyak hingga dibandingkan smartphone. Dan yang paling mencengangkan ternyata lebih kotor dibandingkan dudukan kloset. Compare My Mobile yang sudah melakukan penelitian ini pada sejumlah teknologi rumah tangga seperti smartphone, keyboard, smartwatch, dan stick video game. Berbagai teknologi canggih banyak digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Smartwatch Ternyata Menjadi Sarang Kuman

Penelitian dilakukan dengan menusap peralatan itu lalu memelihara tiga jenis bakteri yakni Coliform yang biasa berada dalam kotoran manusia, Stafilokokus yang menjadi salah satu faktor menyebabkan infeksi, dan Enterobacteriaceae yang merupakan lingkup bakteri seperti E. Coli dan Salmonella. Semua bakteri ini merupakan penyebab keracunan makanan, infeksi kulit, dan pada beberapa kasus yang parah bisa menyebabkan pneumonia serta sindrom syok toksik.

Dari eksperimen itulah terungkap bahwa smartwatch adalah permukaan yang paling kotor dengan menampung lebih dari 250 kumpulan bakteri per sentimeter persegi. Jumlah ini diketahui tiga ribu persen lebih banyak daripada bakteri yang ada di dudukan toilet. Sedangkan untuk smartphone menjadi permukaan terkotor kedua, dengan 100 koloni per sentimeter persegi, selanjutnya ada keyboard dan stick video game.

Peneliti memberikan anjuran kepada para pengguna untuk selalu membersihkan beberapa tersebut, termasuk smartwatch yang menjadi tren dikalangan modern ini. Pemilik disarankan untuk rajin membersihkan, dan yang menjadi perhatian utamanya adalah pada bagian depan dan tali. Apalagi jika smartwatch sudah dipakau untuk berolahraga di luar ruangan yang memungkinkan hinggapnya bakteri.

Cara membersihkan smartwatch

Salah satu produk smartwatch yang paling laris dipasaran adalah Apple Watch. Untuk membersihkannya pastikan dulu sebelumnya bahwa Apple Watch dalam keadaan bersih dan kering. Jauhkan dari berbagai macam sumber panas eksternal yang dapat kerusakan untuk smartwatch. Dan untuk pencuciannya sendiri jangan menggunakan sabun, produk pembersih, bahan yang bersifat abrasif. Pertama tama kamu harus memastikan smartwatch dalam kondisi off dan lepaskan dari pengisi daya. Jika kamu memakai gelang kulit, lepaskan dari smartwatch. Bersihkan smartwatch dengan kain berbahan micro fiber. Kamu bisa sedikit basahi kain dengan air bersih atau basahi smartwatch dengan air bersih hangat dari keran yang mengalir secara perlahan. Kurang lebih selama 10 hingga 15 menit dan Jangan pernah gunakan sabun dan produk pembersih lainnya. Setelahnya kamu bisa keringkan smartwatch dengan kain micro fiber yang kering dan bersih, termasuk permukaan kristal di bagian belakang.

Membersihkan tali jam

Tali jam juga harus dibersihkan juga dengan awalnya lepaskan tali dari smartwatch sebelum membersihkan. Pembersihan ini hanya berlaku untuk tali jam khusus merk Apple watch. Untuk merk yang lainnya sebaiknya ikuti informasi perawatan yang sudah direkomendasikan tersendiri. Pertama bersihkan bagian kulit tali jam dengan kain micro fiber bersih. Bisa kamu tambahkan sedikit air pada kain dengan air bersih. Ingat! Jangan pernah merendam tali jam kulit dalam air. Tali jam kulit jenis ini tidak tahan air. Diamkan tali jam sampai kering seluruhnya sebelum dipasang ke smartwatch. Untuk penyimpanan sebaiknya  Jangan di bawah sinar matahari langsung, pada suhu tinggi, atau kelembapan tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *