Peraturan Baru Di Restoran Menunjang Kebersihan

Peraturan Baru Di Restoran Menunjang Kebersihan

Jasa Bersih Kantor РKondisi beberapa negara sudah mengalami pembaikan dari virus corona dan mulai menerapkan status New Normal. Berbagai macam protokol kesehatan masih tetap harus diterapkan. Seperti bila kamu ingin makan di restoran ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Karena memang Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sudah mengeluarkan aturan baru untuk Menunjang Kebersihan di saat new normal. Salah satunya hal yang  menjelaskan protokol yang harus dilakukan oleh pengelola restoran, karyawan, dan juga tamu pada saatberada di area pintu masuk restoran.

Pengelola restoran

Pengelola restoran harus mempunyai aturan untul mengelola arus kendaraan dan kerumunan di area parkir. Jika dibutuhkan, pengelola restoran juga harus menyiapkan area khusus atau ruang tunggu bagi pengemudi yang sudah dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti cuci tangan atau hand sanitizer dan tisu. Dalam area ruang tunggu ini juga harus diberikan jarak aman minimal satu meter. Sedangkan untuk barang publik di area pintu masuk sebelumnya harus dibersihkan dulu memakai disinfektan atau cairan pembersih lain yang aman dan sesuai minimal tiga kali sehari. Lanjutnya pengelola restoran juga harus mempunyai area dan peralatan pemeriksaan suhu tubuh dan kondisi kesehatan untuk seluruh tamu dan karyawan. Standard Operation Procedure harus terus berjalan untuk mengarahkan dan membantu tamu atau karyawan dengan suhu tubuh lebih dari 37,3 derajat celsius untuk dapat meneruskan pmeriksaan ke fasilitas pelayanan kesehatan.

Peraturan Baru Di Restoran Menunjang Kebersihan

Selain itu juga harus, enyediakan area dan peralatan khusus untuk mendisinfektan barang tamu dan karyawan dengan cara yang aman dengan memakai cairan disinfektan atau cairan pembersih lain yang aman. Untuk masalah sosila distancing sendiri juga harus diatur dalam antrean masuk ke area pelayanan makan dan minum minimal satu meter. Caranya dengan memberi tanda khusus di permukaan lantai, atau melakukan rekayasa teknis seperti pemasangan partisi dan/atau pengaturan alur masuk tamu. Tidak lupa juga untuk wajib memasang peta lokasi titik kumpul dan jalur evakuasi dan memasang penanda titik kumpul. Berikut ini barang publik yang harus selalu dijaga kebersihannya permukaan pegangan tangga, pegangan pintu, mesin ATM, meja pemeriksaan, alat pengukur suhu tubuh, metal detector, kaca etalase, stopkontak dan sakelar.

Tamu

Untuk peraturan bagi tamu sendiri pada saat datang, tamu harus memarkirkan kendaraannya sesuai dengan petunjuk dan aturan yang ada. Para tamu juga wajib mencuci tangan dengan sabun atau memakai hand sanitizer sebelum akhirnya memasuki area pelayanan makan dan minum. Semua barang milik tamu harus dibersihkan dengan cara semprot menggunakan disinfektan atau cairan pembersih lain yang aman dan sesuai, sebelum masuk ke area pelayanan makan dan minum. Selain itu semua pelanggan juga harus saling menjaga jarak minimal satu meter satu sama lain di antrean pintu masuk.

Karyawan

Peraturan bagi Karyawan sendiri adalah harus dalam kondisi sehat ketika akan berangkat kerja. Bagi semua karyawan diwajibkan untuk memarkirkan kendaraan sesuai dengan petunjuk dan aturan yang ada. Selain itu Mengatur arus lalu lintas dan memastikan tidak ada keramaian di area parkir, sesuai prosedur yang ada. Pada saat harus antre di pintu masuk, karyawan juga harus menjaga jarak dengan orang lain minimal satu meter. Semua barang milik karyawan harus selalu dibersihkan dengan cara semprot menggunakan disinfektan atau cairan pembersih lain yang aman dan sesuai sebelum dibawa masuk. Karyawan juga diharaplkan untuk selalu mengingatkan tamu jika tidak mematuhi protokol kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *